Sah ! Mualem Dilantik Sebagai Waliyul ‘Ahdi Wali Nanggroe Aceh Masa Bakti 2022-2026

banner 120x600

Acehantara.com – Wali Nanggroe Aceh, Malik Mahmud Al-Haytar, melantik H. Muzakir Manaf alias Mualem sebagai Waliyul ‘Ahdi atau Wakil Wali Nanggroe Aceh masa bakti 2022-2026, di Meuligoe Wali Nanggroe, Selasa, 27 Desember 2022.

Kabag Humas dan Kerjasama Wali Nanggroe, M. Nasir Syamaun MPA menjelaskan, prosesi pelantikan dilaksanakan di Meuligoe Wali Nanggroe, Selasa 27 Desember 2022.

“Pengukuhan Mualem sebagai Waliyul ‘Ahdi diawali dengan pembacaan naskah pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan oleh Wali Nanggroe, dan kemudian Wali Nanggroe mem-peusijuek (tepung tawar) Mualem,” kata M. Nasir

Selain itu, Tgk Malik menjelaskan, sesuai perjanjian damai MoU Helsinki yang kemudian dituangkan dalam UU Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh (UUPA), maka provinsi paling barat Indonesia ini berhak memiliki lembaga keistimewaan, dan salah satunya Lembaga Wali Nanggroe Aceh.

Mengenai Lembaga Wali Nanggroe, kata Tgk Malik, diatur lebih rinci dalam qanun Aceh Nomor 10 Tahun 2019 perubahan kedua atas qanun Nomor 8 Tahun 2012. Di mana pada pasal 73 dijelaskan tentang proses pemilihan, pengusulan, penetapan dan pengukuhan Waliyul ‘Ahdi diatur lebih lanjut dengan reusam (peraturan Wali Nanggroe.

“Waliyul ‘Ahdi telah ditetapkan dalam reusam Wali Nanggroe Nomor 1 Tahun 2020. Di sana dijelaskan secara rinci kedudukan, fungsi, tugas dan wewenang yang diemban oleh seorang Waliyul ‘Ahdi,” ujarnya.

Tgk Malik menuturkan, Waliyul ‘Ahdi sendiri menjadi bagian dari perangkat kerja atau pemangku Wali Nanggroe, ia melaksanakan tugas dan kewenangan jika Wali Nanggroe tidak dapat menjalankan secara berkelanjutan, atau berhalangan tetap.
Malik Mahmud yakin, dengan telah dilantiknya secara resmi Waliyul ‘Ahdi pada hari, ke depan Wali Nanggroe akan lebih maksimal dalam melaksanakan tugas dan kewenangan, khususnya dalam upaya implementasi MoU Helsinki dan UUPA.

“Kepada sosok yang dilantik, yaitu saudara H. Muzakir Manaf atau lebih dikenal dengan sapaan Mualem, tentunya kita amat yakin dan percaya beliau dapat menjalankan tugas sebagai Waliyul ‘Ahdi secara maksimal,” ujar Malik Mahmud.

banner 800x250