Pendataan Malam Regsosek 2022 Dilaksanakan Serentak Secara Nasional, Khususnya Banda Aceh Hujan Deras Menjadi Tantangan

banner 120x600

Acehantara – Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) telah dilaksanakan BPS sejak 15 Oktober lalu dan akan berakhir 14 November 2022. Ratusan ribu petugas telah diterjunkan ke seluruh wilayah Indonesia. Pendataan Awal Regsosek tidak hanya dilaksanakan siang hari, tapi juga malam hari.

Tugas penuh tantangan itu dinamakan Malam Regsosek. Malam Regsosek di Provinsi Aceh dilaksanakan pada 29 Oktober 2022 pukul 23.00 WIB hingga 30 Oktober 2022 pukul.06.00 WIB dan pendataan itu juga dilaksanakan serentak secara Nasional.

Kepala BPS Provinsi Aceh, Dr. Ahmadriswan Nasution, S.Si, M.T yang didampingi oleh Kepala BPS Kota Banda Aceh, Ir. Amir Fadli saat melakukan apel regsosek malam dihalaman Kantor BPS Provinsi Aceh menghimbau kepada seluruh petugas pendataan lapangan agar tidak melewatkan satu wargapun saat pendataan malam dilakukan, karena yang menjadi sasaran adalah penduduk ataupun warga yang tidak bertempat tinggal tetap yang harus Negara ketahui keberadaannya.

Adapun yang menjadi sasaran Malam Regsosek adalah tunawisma dan penduduk yang tidak memiliki tempat tinggal, antara lain penduduk yang tinggal di kolong jembatan, pasar, terminal, stasiun, emperan toko, taman umum atau berbagai fasilitas umum lainnya.

“Perlakukan warga atau responden nanti seperti saudara kita, mereka adalah saudara-saudara kita semuanya, pastinya nanti saat dilapangan teman-teman petugas pendataan dilapangan akan melihat kondisi saudara kita yang hidupnya tidak seberuntung kita, disana rasa syukur kita tentunya bertambah kepada yang Maha Esa. Semua petugas data harus memastikan tidak satupun penduduk terlewatkan, Semoga ini menjadi amal kebaikan untuk semua”, Ucap Kepala BPS Provinsi Aceh, Dr. Ahmadriswan Nasution, S.Si, M.T.

Masih dalam suasana apel Malam Regsosek 2022, Kepala BPS Kota Banda Aceh, Ir. Amir Fadli menghimbau di Malam Regsosek petugas pendataan nanti juga mendata awak kapal berbendera Indonesia yang telah bertugas satu tahun atau lebih.

“Tidak mudah melakukan pendataan pada malam hari ditengah dinginnya malam dan deras hujan serta cahaya lampu yang temaram petugas BPS menyusuri lorong-lorong pasar, terminal, bangunan terbengkalai, awak kapal serta tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah serta beberapa tempat lainnya untuk mendata tuna wisma. Tetap semangat untuk mewujudkan Mencatat Untuk Membangun Negeri”, tambah Ir. Amir Fadli, Kepala BPS Kota Banda Aceh tersebut.

Karakter orang-orang yang dijumpai oleh petugas cukup beragam. Dengan tanggungjawab tinggi, adapula yang ketakutan menghindari petugas, meski suasana Kota Banda Aceh hujan deras, namun petugas tetap bersemangat menelisik sejumlah tempat untuk memastikan tidak ada tunawisma yang terlewatkan.

Dalam pelaksanaan Regsosek Malam 2022 ini petugas pendataan turut didampingi oleh pihak kepolisndan Satpol Kota Banda Aceh. Hal tersebut untuk memastikan petugas pendataan agar bekerja maksimal dengan rasa nyaman dan aman.

Diketahui pendataan Malam Regsosek 2022 di Kota Banda Aceh ini, dibagi menjadi empat tim yang beranggota sepuluh orang pertimnya. Adapun yang lokasi pendataan tersebut, yakni: 1) Pelabuhan Samudera Lampulo, 2) Pasar Al Mahira Lamdingin, 3) RSUZA, 4) Pasar Lamnyong, 5) Pasar Rukoh, 6) Pasar Ulee Kareng, 7) Jembatan Pago, 8) Taman Sari, 9) Seputaran Mesjid Raya Baiturrahman, 10) Pasar Peuniti, 11) Pasar Gampong Baro, 12) Pasar Aceh dan sekitarnya, 13) Lapangan Blang Padang, 14) Jembatan Beurawe, 15) Jembatan Pante Pirak, 16) Pasar Peunanyong, 17) Terminal Keudah, 18) Bekas Penjara Kampung Baro, 19) Pelabuhan Ulee Lhee, 20) Pasar Seutui, 21) Pasar Neusu, 22) Peunyerat (AKAP) dan 23) Terminal L 300 Luengbata.

Pendataan Regsosek Malam 2022 ini menjadi sangat istimewa dikarenakan Kepala BPS Provinsi Aceh dan Kepala BPS Kota Banda Aceh ikut serta turun kelapangan untuk mendampingi para petugas pendataan lapangan walaupun dalam keadaan hujan deras beliau ikut berkeliling kota bersama rombongan yang semuanya mengendarai sepeda motor.

banner 800x250