Harimau Sumatra Terpilih Jadi Maskot PON 2024 Aceh-Sumut

banner 120x600

Acehantara – Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi, resmi meluncurkan maskot, logo, serta slogan untuk PON XXI 2024 Aceh-Sumatra Utara pada Sabtu (29/10/2022).

Agenda tersebut dilakukan bersamaan dengan pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatra Utara di Gedung Serbaguna Pemprov Sumut, Medan.

Sosok Harimau Sumatra yang disingkat dengan nama ‘Matra’ resmi menjadi maskot PON 2024.

Matra menunjukkan ciri khas yang ada di Sumut. Sang Maskot menggunakan Tanjak Melayu, Ulos, dan Gorga yang mewakili etnis Batak.

Dalam kesempatan itu, Edy Rahmayadi juga memperkenalkan slogan “Bersatu Kita Juara” yang memiliki nilai persatuan dan optimisme.

“Bersatu kita juara. Sudah kita pastikan, kalau kita bersatu kita juara,” ucap Edy dalam sambutannya.

Matra terpilih sebagai maskot berdasarkan hasil sayembara yang dilakukan panitia pelaksana PON 2024 yang digelar dari 9 September-3 Oktober 2022

Tak hanya maskot, sayembara juga dilakukan untuk memilih logo dan slogan. Selanjutnya, panitia dan dewan juri melakukan verifikasi dan penilaian mulai 4 Oktober 2022.

Sebanyak 183 peserta sayembara logo, 50 peserta sayembara maskot untuk Sumut, dan 56 peserta sayembara dari berbagai daerah dan beragam latar belakang peserta yang ikut berpartisipasi di dalam sayembara ini.

Maskot bernama Matra (singkatan dari Harimau Sumatra) karya Daru Redono asal Malang akhirnya terpilih menjadi pemenang untuk sayembara maskot wilayah Sumut.

Sedangkan slogan karya Ahmat Sutra asal Medan, yakni “Bersatu Kita Juara”, terpilih menjadi pemenang sayembara slogan.

Adapun untuk logo yang terpilih sebagai pemenang merupakan karya Anto Wibowo dari Jakarta yang memadukan elemen rencong, kain ulos batak, dan kain songket melayu.

Pemenang sayembara logo dan maskot masing-masing mendapatkan hadiah uang tunai Rp 30 juta, sedangkan pemenang sayembara slogan memperoleh Rp10 juta.

Kini, Panpel masih melakukan sayembara untuk memilih lagu tema yang sudah dibuka mulai 29 Oktober 2022 sampai 29 November 2022.

Judul lagu tema PON XXI Aceh-Sumut 2024 pun sudah dipersiapkan oleh Panpel, yakni “Bersatu Kita Juara”.

banner 800x250