Daftar Jadi CPNS Langsung Diberi Tahu Besaran Gaji Mulai Tahun Ini

banner 120x600

Acehantara – Badan Kepegawaian Negara (BKN) bakal memampang besaran penghasilan yang akan diterima pegawai negeri secara detail dalam seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Hal itu akan dilakukan mulai seleksi penerimaan CPNS 2023 ini. Tak hanya besaran penghasilan yang akan diterima, BKN juga akan memampang kelas jabatan, uraian jabatan sampai jenjang jabatan yang bisa didapat CPNS setelah mereka jadi ONS. Selasa, (8/8/23).

Plt Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto menyampaikan penambahan keterangan informasi ini dilakukan dengan beberapa pertimbangan. Pertama, untuk mengantisipasi peserta mengundurkan diri dengan alasan jabatan yang dilamar tidak sesuai dengan pekerjaan yang diinginkan.

Kedua, untuk mengantisipasi pengunduran diri pelamar karena penghasilan yang didapat tidak sesuai harapan.

“Ada sejumlah alasan pengunduran diri peserta seleksi, salah satunya menyangkut ketidaksesuaian pekerjaan dan penghasilan dengan ekspektasi pelamar. Untuk itu BKN akan menyediakan keterangan rincian informasi setiap jabatan pada formasi yang dilamar,” terangnya, dikutip dari keterangan resmi BKN.

Haryomo mengatakan selama pelaksanaan seleksi PPPK 2022, ada 1.921 peserta seleksi mengundurkan diri dengan sejumlah alasan, di antaranya ketidaksesuaian pekerjaan dan penghasilan dengan ekspektasi pelamar, dan lokasi penempatan.

Maka dari itu, pelamar diminta mempertimbangkan betul sebelum melakukan pendaftaran, baik dari aspek jabatan, lokasi, sampai dengan penghasilan.

Adapun informasi detail termasuk soal penghasilan akan terdapat dalam menu informasi tambahan.

Pemerintah akan membuka lowongan CPNS dan PPPK pada September 2023. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan saat ini rekrutmen CPNS dan PPPK sedang dalam tahap validasi data.

September nanti, kan ini masih divalidasi dan seterusnya,” kata Anas di Gedung DPR.

Ia menambahkan lowongan CPNS dan PPPK 2023 akan dibuka untuk 1.030.751 formasi yang tersebar di berbagai kementerian/lembaga (K/L), serta pemerintah daerah (pemda). Dari total formasi itu, 80 persen bakal mengakomodir tenaga honorer menjadi PPPK, kemudian 20 persen untuk fresh graduate yang ingin menjadi ASN.

“Ini untuk mengakomodir harapan publik terkait dengan fresh graduate untuk bisa ditampung di ASN, supaya tidak hanya menyelesaikan honorer. Di sisi lain, honorer kita prioritaskan karena mereka telah mengabdi kepada layanan publik di pemerintah pusat dan daerah,” ujar Anas.

banner 800x250